MENGAPA AIR LAUT ASIN ?

Minggu, 09 September 2012

laut merupakan kumpulan air yang rasanya asin. di dasar laut terdapat berbagai aneka morfologi, diantaranya ada yang disebut dengan:
1. terumbu karang
2. atol
3. pulau
4. beting
5. gisik
6. lubuk
7. ambang
8. punggung
9. gunung laut, dan masih banyak lagi.
                                                         sumber gbr: foto pribadi

laut sangat besar pengaruhnya terhadap kondisi cuaca yang terjadi di permukaan bumi, secara umum air laut mengalamai evaporasi ketika musim penghujan yang membentuk siklus atau daur hidrologi, baik yang disebut dengan siklus pendek, sedang maupun siklus panjang. 

semua air (sungai, kali, danau dll) mengandung mineral garam. Hanya saja air sungai itu mengalirkan endapan mineralnya ke laut. Jadi semua mineral garam itu berkumpul di laut sehingga air laut lebih asin 220 kali daripada air-air di tempat lain. Dan ditambah juga laut, menurut sejarahnya, terbentuk 4,4 milyar tahun yang lalu, dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100 °C) karena panasnya Bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer Bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang menghasilkan garam-garaman yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini.

(sumber: http://indonesiaindonesia.com/f/21400-air-laut-rasanya-asin/)




0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....