HUJAN BUATAN

Rabu, 05 September 2012

indonesia dilalui oleh garis ekuator khatulistiwa, seingga memiliki iklim tropis, telah kita ketahui bahwa iklim tropis memiliki dua musim, yaitu musim penghujan (oktober-april) dan musim kemarau (april - oktober).

tapi disisi lain kenyataannya musim di indonesia itu banyak lho...coba kita lihat di indramayu kita mengenal ada musim mangga, di subang jawa-barat ada yang di sebut musim rambutan, kalo melihat faunanya aa yang disebut masa-masa  musim reproduksi, hohohoho....

musim kemarau memiliki karakteristik suh udara tinggi, sinar matahari menyiangi sangat terik sekali, pohon randu berbuah, pohon jati daunnya berguguran dan air permukaan tanah surut. air permukaan disini bisa disebut danau, sugai, rawa, sawah tadah hujan, dan empang atau kalau menurut orang sunda di sebut balong.

rentangan bulan september tahun 2012, sebagian besar daerah yang ada di pulau jawa mengalami kekeringan. banyak sumber-sumber genangan air menyusut, sumur penduduk mulai mengering mengakibatkan sebagian penduduk rela menempuh jarak jauh untuk mencari sumber air bagi kebutuhan hidupnya.

keadaan seperti ini merupakan suatu hukum alam, bumi berevolusi mengelilingi matahari berpengaruh terhadap keadaan musim yang terjadi di nusantara ini. kurang siaga nya masyarakat umum dalam pembangunan berwawasan lingungan membawa dampak baru dalam percepatan isu pemanasan global. sudah kita ketahui pula bahwa efek dari pemanasan global tersebut akan berdampak negatif terhadap keserasian ekologi makhluk hidup di muka bumi.

ketika musim kemarau tiba, kita sering mengeluh selain permasalahan panasnya sinar matahari, pekatnya debu di jalan raya serta stok air yang minim. untuk meminimalisir permasalahan tersebut mungkin sedikit dapat di atasi melalui bentuk hujan buatan.

hujan buatan dalam arti ini merupakan suatu hasil teknologi yang dilakukan untuk meningkatkan dan mempercepat proses terjadinya hujan atau menurut bahasa ilmiahnya disebut dengan istilah presipitasi. hujan akan terbentuk apabila suatu awan memiliki kandungan air yang cukup, memiliki kecepatan angin yang rendah, serta memiliki syarat-syarat lainnya.

pesawat udara merupakan salah satu dari wahana yang digunakan dalam proses pembuatan hujan buatan. biasanya hujan buatan dibuat dengan cara menyemai awan denan menggunakan bahan yang bersifat dpat menyerap air, sehingga proses pembentukan butiran-butiran air cikal bakan terjadinya hujan di dalam awan akan meningkat.

bahan-bahan untuk membentuk hujan buatan dapat berupa perak iodida yang berfungsi untuk membentuk es. selain itu garam dapur dan urea juga dapat digunakan dalam pembentukan hujan tersebut.

mesti kita ketahui bahwa tejadinya hujan bekaitan erat dengan unsur cuaca yang disebut dengan awan, karena hujan akan terbentuk dari adanya awan. dengan demikian dalam proses pembentukan hujan ada hubungannya dengan unsur tersebut (awan)

-semoga bermanfaat-
(dari berbagai sumber)







0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....