Pembentukan Bumi

Senin, 29 November 2010


Menurut ilmuan, bumi berusia sekitar 4,6 miliar tahun. Beberapa contoh batuan bulan dan meteorit (batuan angkasa luar yang jatuh ke bumi) juga berusia sama. Dari situ disimpulkan bahwa seluruh tata surya terbentuk secara bersamaan. Matahari, Bumin dan Planet lain terbentuk dari awan gas dan debu.

1. Nebula (awan gas dan debu) menyusut sekitar 4,6 miliar tahun lalu. Sebagian besar di antaranya menjadi matahari. Sisanya kemudian menyusut lagi dan terpecah menjadi gumapalan partikel es dan batuan. Setelah beberapa waktu, partikel-partikel ini melekat satu sama lain sampai berbentuk planet-planet.

2. Setelah sekitar 100 juta tahun, bumi menjadi bola batuan raksasa. Planet baru ini menjadi panas karena partikel-partikel batuannya saling berbebturan. Permukaanya lalu meleleh dan bumi muda ini tampak merah membara.

3. Radioaktivitas dalam batuan meningkatkan panasnya, sehingga seluruh bumi meleleh. Besi cair kemudian turun ke pusat bumi dan membentuk inti bumi. Batuan yang lebih ringan mengapung di atas lapisan besi itu. Sekitar 4,5 miliar tahun lalu permukaan bumi mendingin dan membentuk kerak bumi. Gunung-gunung api meletus dan memuntahkan gas dan uap air. Gas itu kemudian membentuk atmosfer sedang uap air berkondensasi (berubah jadi air) dan membentuk lautan.

4. kira-kira 3,5 miliar tahun lalu , muncullah makhluk-makhluk hidup pertama berbentuk sel mikroskopis. Sebagian di antaranya menghasilkan oksigen yang membentuk atmosfer sekitar 2,3 miliar tahun lalu. Sementara itu, benua-benua terpisah dan bergeser perlahan sampai ke posisi yang sekarang. Kini benua-benua itu masih terus bergeser. Proses ini disebut apungan benua.

sumber: http://ci-muetz.blogspot.com/2010/05/pembentukan-bumi.html


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....