bromo mulai status AWAS

Rabu, 24 November 2010

TEMPO Interaktif, Probolinggo - Aktivitas vulkanik Gunung Bromo sejak statusnya ditetapkan awas pada Selasa (23/11) lalu hingga Kamis (25/11) ini masih fluktuatif. Intensitas gempa tremor maupun vulkanik dangkal naik turun setiap saat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tempo, gempa vulkanik dangkal terhitung sejak 00.00 WIB hingga 06.00 WIB terjadi sebanyak 11 kali dengan disertai tremor yang terus menerus.

Petugas PGA Gunung Bromo Achmad Subhan mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Bromo hingga saat ini masih fluktuatif. Sempat ada penurunan aktifitas kemarin, kini kembali meningkat.

Data seismik menyebutkan peningkatan gempa vulkanik dangkal pada Rabu (24/11) sebanyak 52 kali. Kondisi ini meningkat jika dibandingkan sebelumnya pada Selasa (23/11) yang tercatat sebanyak 20 kali. “Untuk hari ini, hingga pukul 06.00 WIB tadi, terjadi gempa vulkanik dangkal sebanyak 11 kali,” katanya. Hal itu menunjukkan jika penurunan sementara aktivitas vulkanik bisa berarti menyimpan energi.

Sementara itu, untuk tremor masih terus terjadi. Subhan mengatakan, hingga saat ini Gunung Bromo masih tetap dalam status awas. Data seismik yang diperoleh Tempo di PGA Gunung Bromo menunjukkan ada penurunan amplitudo maksimal dari 10 hingga 40 milimeter pada Selasa lalu menjadi 5 hingga 38 pada Kamis. Sedangkan tremornya masih stabil antara 2,5 milimeter.

Hingga saat ini, zone terlarang untuk dikunjungi masih tetap pada radius tiga kilometer dari bibir bibir kawah Gunung Bromo. Unsur TNI, Polri serta relawan juga masih aktif menjaga zona merah tersebut dari aktivitas manusia.SUMBER:http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2010/11/25/brk,20101125-294415,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....