artikel Curug Citambuir karya ku saat jelajah geotrek bareng Mata Bumi dan Pak T Bachtiar

Senin, 10 November 2014

Curug Citambur, Keindahan yang Tersembunyi di Cianjur

Rudi Hartono - d'Traveler - Senin, 29/09/2014 10:55:00 WIB
detikTravel Community -  Cianjur rupanya punya air terjun yang tak kalah dengan wilayah lainnya di Jawa Barat. Ada Curug Citambur yang lokasinya berada di balik tebing dan hutan. Seolah tersembunyi, namun sungguh indah!

Curug Citambur terletak di pedalaman Kabupaten Cianjur bagian selatan, tepatnya di Desa Karang Jaya, Kec Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Air terjun yang penuh elok tersembunyi di bentangan tebing yang menjulang tinggi membentengi kealamian sebuah perkampungan.

Curug Citambur memiliki ketinggian kira-kira 150 meter, hal ini diperkuat oleh beberapa pecinta alam yang konon pernah melakukan pemanjatan tebingnya, yang ternyata tali sepanjang 100 meter itu mesti disambung. Dengan demikian, hal tersebut menambah kuat mengenai daya tariknya yang molek menjulang tinggi.

Sumber air curug Citambur berasal dari relief-relief gunung di bagian timurnya, yang terlebih dahulu mengisi relung-relung dan hamparan bukit yang menghijau berhiaskan perkebunan teh.

Coba deh rasakan sensasinya, ketika berada di kawasan di bawahnya, dijamin betah! Hamparan sawah yang berundak ditambah berdiri kokohnya pohon  kayu yang menjulang tinggi sangat memanjakan mata. Belum lagi curug ini masih alami, belum banyak pengaruh sentuhan  tangan manusia, membuat hati begitu nyaman.

Saat itu saya beserta rombongan komunitas jelajah geotrack menyambangi tempat itu dari arah Ciwidey, yang ternyata memiliki akses menuju curug tersebut. Walapun jalannya begitu sempit, curam dan berbelok tajam, hal itu terbayarkan dengan suguhan atraksi alam di sepanjang jalan. Mulai perkebunan teh Sinumbra, dan terasering sawah dengan berhiaskan padi yang mulai menua.

Mengenai toponim air terjun tersebut mengapa disebut Citambur, konon dikarenakan jatuhnya air ketika membentur kubangan yang berada di bawahnya sangat tinggi, sehingga menghasilkan bunyi ibarat tambur (sejenis tabuhan drum) yang dipukul. sehingga bunyinya burr.. burr.., maka penamaannya disebut curug Citambur. Ada-ada saja!

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....