SESUATU DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE - PANGRANGO

Jumat, 13 Juli 2012

Gunung gede-pangrango merupakan salah satu diantara gunung yang terdapat di jawabarat yang berada di lingkungan taman nasional. Gunung Gede-Pangrango merupakan gunung yang paling sering di daki di Indonesia, meskipun peraturan dibuat seketat mungkin, ini mungkin dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dengan kota besar di jawabarat dan DKI yaitu dekatan dengan Jakarta dan kota Bandung.
          Gunung gede pangrango secara astronomis terletak antara 106º51’ – 107 º02’ BT dan 64º1’ – 65 º1’ LS. Sedangkan secara administrative Gunung gede - pangrango terletak di antara kabupaten cianjur dan kabupaten sukabumi, dengan jarak ke terdekat ke kota yaitu ke kota cianjur. Gunung gede-pangrango memiliki ketinggian 2.958 meter dari permukaan laut (mdpl), dengan waktu pendakian kira-kira kurang lebih 6-7 jam melalui jalur cibodas, 5 -6 jam memlaui jalur gunung putrid dan 7,5 – 8,5 jam melalui jalur salabintana.

KONDISI ALAM:
Gunung gede-pangrango merupakan gunung yang memiliki kekayaan alam yang tak terhingga, karakteristik hutan hujan tropis mendominasi daerah tersebut. Apabila mendaki pada waktu siang hari apabila sedang beruntung kita akan disuguhkan nyanyian berbagai jenis burung liar, dan kongkorongoknya ayam hutan (cangehgar). Apabila kita mendaki melalui jalur cibodas, kita akan disuguhkan pula oleh gejala Biosfer lainnya seperti:
-         Air terjun cibeureum
-         Telaga biru
-         Air terjun panas
-         Berbagai jenis anggrek dan rotan
-         Kawah
-         Keindahan bunga edelweiss

JALUR PENDAKIAN:
Ada tiga jalur pendakian dengan batas maksimum jumlah kuota pengunjungnya, yaitu: Jalur Cibodas, Jalur Gunung Putri, dan Jalur Selabintana . Selabintana merupakan jalur terpanjang dengan waktu tempuh pendakian sekitar 7,5-9 jam. Waktu yang dibutuhkan untuk pendakian dari semua jalur umumnya 2 hari. Dengan rentangan waktu pendakian secara umum sekitar 6-7 jam melalui Jalur Cibodas atau 5-6 jam melalui Jalur Gunung Putri dan 7,5- 8,5 jam melalui Jalur Selabintana.

Salam rimba !!!!!!!!

SUMBER: http://gispala.wordpress.com/2011/06/11/gunung-gede-gunung-favorit-para-pendaki-dan-peneliti/

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....