Akibat Revolusi Bumi

Senin, 23 Juli 2012


                                                                                        sumber foto: data pribadi

Salah satu akibat revolusi bumi yaitu terjadinya gerakan semu yang berupa pergeseran matahari dari garis belahan bumi utara  (GBU), sebesar 23,5 derajat lintang utara dan garis balik selatan sebesar 23,5 derajat lintang selatan. hal tersebut disebabkan matahari tidak selalu beredar di ekuator. pergeseran matahari paling jauh sampai ke garis 23,5 derajat LU sampai dengan 23,5 derajat LS.
                 ketika matahari berada pada posisi 23, 5 derajat lintang utara, terjadi tepatnya pada tanggal 22 bulan juni, kemudian pada tanggal 21 maret dan 23 september posisi matahari tepat terletak di garis khatulistiwa. sehingga pada tanggal tersebut ketika jam 12 siang di daerah khatulistiwa tidak akan melihat bayangan kita. karena matahari tepat di atas garis khatulistiwa tersebut. kemudian gerak semu tahunan matahari bergerak ke garis balik selatan yaitu terletak sampai 23,5 derajat lintang selatan pada tanggal 22 desember.
               dampak selanjutnya pengaruh dari revolusi bumi adalah pergantian musim, salah satu contoh Belahan bumi utara dan selatan mengalami empat musim. Empat musim itu adalah musim semi, musim panas, musim gugur,, dan musim dingin. pengaruh selanjutnya adalah perubahan letak rasi bintang. sudah kita ketahui bahwa bintang membentuk kelompok-kelompok yang sering kita sebut dengan istilah Rasi. Bintang membentuk sebuah rasi sebenarnya tidak berada pada lokasi yang berdekatan. Karena letak bintang yang satu dengan letak bintang yang lain tersebut berjauhan, maka ketika di amati dari bumi seolah-olah tampak berdekatan. Rasi bintang yang kita kenal antara lain Aquarius, Pisces, Gemini, Scorpio, Leo, dan lain-lain. apabila kita perhatikan ketika nenek moyang kita hidup, interaksi mereka sangat dipengaruhi oleh informasi yang disajikan oleh fenomena yang ada di langit. salah satu contoh ketika nelayan pulang kembali ke daratan setelah berlayar di tengah laut di bantu oleh salah satu dari arah rasi bintang.
                 hal lain yang dipengaruhi oleh adanya revolusi bumi yaitu terjadinya perbedaan lamanya siang dan malam. misalnya pada tanggal 21 maret sampai dengan tanggal 23 september: kutub utara mendekati matahari, sedangkan kutub selatan menjauhi matahari, belahan bumi utara menerima sinar matahari lebih banyak dari pada belahan bumi selatan, dan panjang siang di belahan bumi utara lebih lama dari pada di belahan bumi selatan, serta di wilayah kutub utara terdapat daerah yang mengalami siang selama 24 jam.
                      pada tanggal 23 september sampai dengan 21 maret : kutub selatan lebih dekat dengan matahari sedangkan kutub utara lebih menjauhi matahari, kemudian belahan bumi selatan menerima sinar matahari lebih banyak dari pada belahan bumi utara, panjang siang di belahan bumi selatan lebih lama dari pada belahan bumi utara dan di sekitar kutub utara terdapat wilayah yang mengalami malam 24 jam.
                     Kemudian pada tanggal 21 maret dan 23 desember: daerah kutub utara dan kutub selatan berjarak sama terhadap matahari, kemudian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan menerima matahari sama banyaknya, panjang siang dan malam di seluruh belahan bumi sama panjangnya dan pada saat ini lah di daerah khatulistiwa matahari pada siang hari tepat melintasi ubun -ubun kita.. (dari berbagai sumber)


- semoga bermanfaat- 

1 komentar:

Rudi mengatakan...

foto tersebut di ambil kemarin tanggal 8 juli 2012, di subang jawa-barat

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....