KONSEP ESENSIAL GEOGRAFI

Rabu, 09 Mei 2012

GEOGRAFI memiliki beberapa macam konsep ESENSIAL diantaranya yaitu:
1. konsep lokasi
Konsep lokasi dalam geografi menganalisis aspek positif dan negative suatu tempat di permukaan bumi.#     Konsep Lokasi biasanya untuk menjawab pertanyaan where (dimana).
# Lokasi dalam geografi dibagi 2 jenis: 
Lokasi Absolut
Lokasi suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. 
contoh:  indonesia terletak diantara 06 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan
Lokasi Relatif
Lokasi wilayah dipermukan bumi yang sifatnya dapat berubah-ubah karena dipengaruhi daerah sekitarnya.
# Suatu tempat dipermukaan bumi akan mempunyai nilai tinggi apabila dihubungkan dengan kondisi social yang baik.
 contoh: indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera

2. konsep jarak
arak merupakan pembatas yang bersifat alami.# Jarak berkaitan dengan lokasi dan upaya pemenuhan kebutuhan pokok kehidupan.
# Unsur jarak akan diperhitungkan apabila berhubungan dengan keuntungan yang didapat.
contoh: harga tanah yang dekat dengan jalan raya memiliki harga yang mahal

3. konsep pola
#Berkaitan dengan ketergantungan pada bentuk fenomena geografi dipermukaan bumi. # Geografi mempelajari pola-pola bentuk dan persebaran fenomena geografi
# Bentukan khas, hasil interaksi gejala alam satu dengan gejala alam lainnya atau hasil interaksi antara manusia dengan lingkungannya.
contoh: pemukiman di tepi pantai cenderung memanjang (linier) sejajar dengan garis pantai

4. konsep keterjangkauan
# Berkaitan dengan kondisi permukaan bumi, misalnya suatu daerah terisolasi karena kondisi permukaan buminya menyebabkannya sulit dijangkau.# Ketergantungan pada umumnya berubah sejalan dengan perkembangan ekonomi, iptek dan transportasi.
# Interaksi antar satu daerah dengan daerah lain akan terjadi apabila terdapat sarana transportasi yang memadai.
 contoh: dari jakarta menuju kuningan dan singapura, ternyata lebih cepat ke singapura, karena memiliki akses bandar udara

5. konsep morfologi
# Berkaitan dengan bentuk muka bumi sebagai hasil tenaga endogen dan eksogen.# Bentukan muka bumi terjadi sebagai hasil dari gejala alam dan pemanfaatan oleh manusia.

6. konsep aglomerasi
# Kecenderungan persebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah yang relative sempit dan yang paling menguntungkan.# Penduduk akan mempunyai kecenderungan untuk mengelompok pada social ekonomi yang sejenis, atau keadaan alam yang menguntungkan.
contoh: di indonesia sering terjadi bencana alam, misalnya gempa bumi dan letusan gunung api

7. konsep interaksi dan interdependensi
# Merupakan hubungan timbal-balik antara dua wilayah atau lebih yang dapat menimbulkan gejala, kenampakan dan permasalahan baru.# Dalam interaksi, gejala yang satu dengan yang lain saling tergantung.
# Hubungan timbal-balik antara manusia dan lingkungan yang dapat menimbulkan pergerakan manusia, barang dan jasa, komunikasi, persebaran ide atau gagasan.
contoh: kota bandung membutuhkan berinteraksi dengan kota subang dalam hal pertukaran barang/jasa (hasil pertanian dari subang, dan sarana rekreasi, pendidikan dan pemerintahan dari kota bandung nya)

8. konsep nilai kegunaan
# Nilai Kegunaan fenomena geografi atau sumber daya di permukaan bumi bersifat relative antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.# Manfaat suatu daerah mempunyai nilai yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.
contoh: pantai palabuhan ratu bagi orang bandung memiliki fungsi sebagai objek wisata, sedangkan bagi orang cisolok sukabumi pantai pangandaran tersebut memiliki fungsi yang beragam selain sebagi objek wisata, sekaligus sebagai tempat tinggal dan tempat mencari nafkah kehidupan (menangkap ikan)

9. konsep diferensiasi area
# Berkaitan dengan perbedaan corak antar wilayah di permukaan bumi.# Konsep ini digunakan untuk mempelajari perbedaan gejala geografi antara wilayah yang satu dengan yang lain dipermukaan bumi.
# Selain itu konsep ini dapat juga untuk melihat jenis mata pencaharian penduduk
# Hasil interaksi antara manusia dengan lingkungannya yaitu daerah dengan kenampakan khusus.
contoh: di daerah dataran rendah (pantura) terdapat banyak perkebunan tebu, sedangkan di daerah dataran tinggi tebu tidak ada yang ada adalah perkebunan teh, kopi, kina dan karet

10. konsep keterkaitan ruang
# Keterkaitan ruangan menunjukkan derajat katerkaitan persebaran antara fenomena yang satu dengan yang lain, baik yang menyangkut fenomena fisik maupun non fisik.# Kenampakan yang khusus dari setiap daerah akan menimbulkan adanya saling keterkaitan antar daerah dalam hal pemenuhan kebutuhan.
contoh:  nelayan bertempat tinggal di pantai dan pemetik teh bertempat tinggal di dataran tinggi

SUMBER: http://zahrosofie.wordpress.com/2010/01/09/konsep-esensial-geografi/

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....