MASALAH LINGKUNGAN HIDUP

Rabu, 25 April 2012

Keadaan alam di muka bumi ini semakin hari memperlihatkan sifat yang tidak seimbang interaksinya dengan manusia yang ada di atasnya. Pertumbuhan penduduk di muka bumi dari tahun ke tahun perkembangannya sangat cepat. Tercatat sebanyak 7 miliar manusia yang telah lahir di muka bumi ini, maka tak ayal lagi pengaruhnya terhadap  semakin ketidakmampuan fungsi dari daya dukung lingkungan yang ada, serta memunculkan berbagai masalah lingkungan hidup yang sangat beragam.
Kita mengetahui bahwa di muka bumi ini terdapat berbagai macam unsur lingkungan yang berfungsi sebagai daya dukung bagi kehidupan. Diantaranya unsur fisik yang terdiri atas tanah, air, udara, cahaya matahari, suhu, kelembapan, angin dan jenis batuan. Diantara itu pula terdapat unsur biotik yang terdiri atas tumbuhan, hewan dan manusia.
Kedua unsur tersebut semuanya sangat  kita butuhkan, saling berinteraksi dan memengaruhi sehingga terbentuk satu kesatuan yang disebut dengan ekosistem. Apabila semua unsur yang ada di permukaan bumi fungsinya berjalan sebagaimana mestinya, maka kehidupan yang ada di muka bumi ini akan berjalan normal.
Namun kenyataannya sekarang ini gejala yang ditimbulkan pengaruh adanya salah satu diantara unsur lingkungan hidup yang tidak berfungsi mengakibatkan munculnya permasalahan lingkungan. Adanya polusi yang terjadi di air, udara, tanah dan suara, juga adanya bencana longsor, angin putting beliung dan terjadinya banjir, merupakan bukti bahwa terjadi ketidakharmonisan mengenai hubungan antara manusia dengan lingkungannya.
Keadaan lingkungan tersebut tidak lepas dari peran manusia yang menjadi salah satu bagian dari unsur lingkungan hidup itu sendiri. Oleh karena itu, permasalahan lingkungan hidup merupakan bagian dari masalah global yang menyebabkan berbagai instansi pemerintahan bergerak untuk mengantisipasi terjadinya dampak dari ketidakseimbangan lingkungan tersebut.
Permasalahan lingkungan hidup ini dapat mencakup segala aspek yang dapat dirasakan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Masalah tersebut tidak dilihat dari salah satu keadaan dari jenis musim saja, misalkan musim kemarau atau musim penghujan, tetapi keduanya memiliki permasalahan yang berbeda. Pada saat terjadinya musim kemarau kondisi air di berbagai pelosok tanah air ini dikabarkan keberadaannya minim. Akan tetapi dalam hitungan bulan, kemarau telah berlalu tetapi permasalahan lingkungan hidup bukannya mereda tetapi semakin beranekaragam jenisnya.
Pergantian kondisi alam berpengaruh pula terhadap munculnya masalah baru pada kondisi lingkungan. salah satu contoh pada tanggal 14 november 2011 disalah satu tempat yang ada di jawabarat diguyur hujan yang turun  sangat deras, disertai butiran es, kilatan petir dan hembusan angin yang kencang. Dampak dari kejadian tersebut pepohonan runtuh, kemudian terjadi luapan air limpasan di daerah sekitar yang menyebabkan banjir. Sungguh ironis ketika musim kemarau kekurangan air, tetapi pada musim penghujan malah banjir. Padahal langkah dan antisipasi sudah diupayakan sebagaimana mestinya.
Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab manusia itu sendiri untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup. Agar lingkungan tetap lestari, maka diperlukan usaha pelestarian lingkungan hidup secara terpadu dan berkesinambungan antara pemerintah dengan semua lapisan masyarakat. Pemerintah berkewajiban menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat akan tanggung jawabnya dalam pengelolaan lingkungan, dengan cara pengelolaan, bimbingan, penelitian, pendidikan dan penyuluhan mengenai lingkungan hidup.
Kita sebagai warga masyarakat mesti bersikap  bijak dan semakin menumbuhkan perilaku berwawasan lingkungan. Karena langkah, atau cara, sikap sadar dalam menghadapi dan  mengantisipasi permasalahan lingkungan hidup tidak hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja, tetapi mesti ada suatu kerja sama yang harmonis dari ke dua belah pihak.
                Di sisi lain, terciptanya lingkungan hidup yang seimbang bisa dilihat dari struktur sosial dan pola kebudayaan masyarakatnya yang bisa mendukung dan mampu mewujudkan kehidupan sosial, politik dan ekonomi yang sehat dengan cara meningkatkan sikap sadar, budaya tertib, damai, menjunjung etika dan sejahtera sehingga dapat membangun lingkungan hidup yang berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentarnya ya, nuhun ...

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....