KUMPULAN TUGAS MEMBUAT SOAL-SOAL ATMOSFER

Rabu, 06 November 2013

silahkan soalnya lampirkan di dalam kolom komentar,

nuhun....

Pembentukan Air Tanah

Minggu, 03 November 2013


Air tanah adalah semua air yang terdapat di bawah permukaan tanah pada lajur/zona jenuh air (zone of saturation). Air tanah terbentuk berasal dari air hujan dan air permukan , yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone of aeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zona jenuh air dan menjadi air tanah. Air tanah adalah salah satu faset dalam daur hidrologi , yakni suatu peristiwa yang selalu berulang dari urutan tahap yang dilalui air dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer; penguapan dari darat atau laut atau air pedalaman, pengembunan membentuk awan, pencurahan, pelonggokan dalam tanih atau badan air dan penguapan kembali (Kamus Hidrologi, 1987). Dari daur hidrologi tersebut dapat dipahami bahwa air tanah berinteraksi dengan air permukaan serta komponen-komponen lain yang terlibat dalam daur hidrologi termasuk bentuk topografi, jenis batuan penutup, penggunaan lahan, tetumbuhan penutup, serta manusia yang berada di permiukaan. Air tanah dan air permukaan saling berkaitan dan berinteraksi. Setiap aksi (pemompaan, pencemaran dll) terhadap air tanah akan memberikan reaksi terhadap air permukaan, demikian sebaliknya. 
 
sumber:  http://yudhacivilizer.blogspot.com/2012/01/air-tanah.html

sifat air tanah

Sifat-Sifat Air Tanah
Air tanah secara umum mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan, khususnya dari segi bakteriologis, namun dari segi kimiawi air tanah mempunyai beberapa karakteristik tertentu tergantung pada lapisan kesadahan, kalsium, magnesium, sodium, bikarbonat, pH, dan lain-lainnya.
Keuntungan dan kerugian pemanfaatan air tanah.
1. Keuntungan:
a. Pada umumnya bebas dari bakteri pathogen.
b. Dapat dipakai tanpa pengolahan lebih lanjut.
c. Paling praktis dan ekonomis untuk mendapatkan dan membagikannya.
d. Lapisan tanah yang menampung air biasanya merupakan tempat pengumpulan air alami.
2. Kerugian:
a. Air tanah sering kali mengandung banyak mineral-mineral seperti Fe, Mn, Ca dan sebagainya.
b. Biasanya membutuhkan pemompaan.
 
sumber:  http://yudhacivilizer.blogspot.com/2012/01/air-tanah.html

arti meteorologi

Meteorologi adalah ilmu interdisipliner yang mempelajari atmosfer. Studi di bidang ini telah dilakukan selama ribuan tahun meski kemajuan yang signifikan baru terjadi di abad ke 18. Di abad ke 19, gebrakan besar terjadi setelah pengamatan terkoordinasi yang dilakukan lintas negara.

sumber: wikipedia

arti planologi

PLANOLOGI adalah ilmu yang sangat kompleks dimana kita harus mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti Geologi, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosial budaya, dan masih banyak lagi, karena dalam merencanakan suatu wilayah/kota, kita harus mempertimbangkan segala aspek yang dapat mempengaruhi wilayah/kota tersebut.

ilmu penunjang / ilmu bantu geografi

Gemorfologi:ilmu yang mengunguji bentuk –bentuk permukan bumi dn penafsirannya tentang proses terbentukknya.
Meteorology:ilmu yang menguji tentang cuaca yang meliputi ciri-ciri fisik dan kimianya,tekanan ,suhu udara,angin,dan per-awanan.
Klimatologi:ilmu yang mempelajari tentang iklim,yang meliputi sebab terjadinya,pengaruhnya terhadap benuk fisik dan kehidupan disuatu wilayah.
Biogeografi:ilmu yang mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan dipermukaan bumi sert factor-faktor yang mempengaruhi,membatasi dan menentukan pola persebarannya.
Antropogeografi:ilmu yang Mempelajari persebaran manusia dipermukan bumi dalam hubunganya dengan lingkungan geografi.
Hidrologi:ilmu yang mempelajari tentang fenomena air dibumi yang meliputi sirkulasi, distribusi,bentuk,serta sifat fisik Dn kimianya.
Oseanografi:ilmu yang mempelajari fenomena lautan yang meliputi sifat air laut,gerakan air laut dan pasang surut air laut.
Kartografi:ilmu yang mempelejari tentang peta meliputi tentang pembuatan jenis dan pemanfaatannya,
Demografi:ilmu yang mempelajari tentang kependuukan meliputi jumlah peretumbuhan,komposisi dan migrasi penduduk.
Pedologi:ilmu yang mempelajari tentang tanah,meliputi proses pembentukan jenis-jenis dan persebarannya.
Penginderaan jauh:ilmuyang mempelajari gejala atau fenomena geografi pada suatu tempat dengan menggunakan suatu alat dengan menggunakan bantuan media penginderaan jauh tanpa melakukan komyak secara langsung terhadap lokasi yang diamati.

SIG(system informasi geografi):ilmu yang mempelajari tentang tata cara membuat peta secara komputasi dengan tahap-tahap input data,proses dan manajemen data,dan output data.

sumber: http://djunijanto.blogspot.com/2010/08/ilmu-bantu-geografi.html

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....