arti batu safir

Rabu, 16 Januari 2013

Batu safir ( Bahasa Ibrani : sapir ) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3 ), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum .

arti intrusi magma

intrusi magma adalah sebuah batuan beku yang telah menjadi kristal dari sebuah magma yang meleleh di bawah permukaan Bumi.

arti Tahap penggambutan (peatification)

Tahap penggambutan (peatification) adalah tahap dimana sisa-sisa tumbuhan yang terakumulasi tersimpan dalam kondisi reduksi di daerah rawa dengan sistem pengeringan yang buruk dan selalu tergenang air pada kedalaman 0,5 – 10 meter.

arti kelembapan nisbi

Selasa, 15 Januari 2013

Kelembaban Nisbi : Perbandingan jumlah uap air yang ada di udara dengan jumlah maksimun uap air yang dapat dikandung udara pada temperatur yang sama dan dinyatakan dengan persen (%).

arti indeks

Indeks : Bagian yang tecantum pada bagian atlas yang dimaksudkan untuk memudahkan dalam mencari letak suatu objek.

arti eksploitasi

Eksploitasi : Kegiatan lanjutan dari eksplorasi kegiatan pelaksanaan penambangan sesuai dengan hasil penelitian, sekaligus menentukan cara/metode yang akan dilakukan dalam pelaksanaan.

arti ekuinok

adalah Posisi matahari di ekuator, terjadi dua kali selama revolusi bumi terhadap matahari yaitu tanggal 21 Maret disebut ekinoks musim semi dan 23 September disebut ekinoks musim gugur untuk Belahan Bumi Utara.

arti elongasi

adalah Sudut yang dibentuk oleh garis semu yang menghubungkan bumi dengan matahari, garis semu yang menghubungkan bumi dengan planet.

arti efek rumah kaca

Hasil penetrasi radiasi matahari gelombang pendek yang sebagian besar diserap permukaan bumi, sedangkan radiasi bumi gelombang panjang yang  diemisikan akan diserap oleh uap air dan karbon dioksida untuk pemanasan atmosfer.

arti down welling

Gerakan air ke bawah tanah, biasanya deisebabakan oleh arus yang konvergen atau akibat massa air menjadi lebih rapat daripada air lingkungan.

arti depresi

Penurunan tanah atau pemerosotan akibat terbentuknya suatu antiklinal dan sinklinal pada waktu yang sama.

arti danau dolina

Danau yang terjaid karena pelarutan tanah kapur secara vertikal sampai pada lapisan yang resisten (kedap air), sehingga terbentuk cekungan yang terisi air.

arti batuan plutonik

Batuan yang membeku di dalam bumi.

arti azimuth

adalah Sudut yang diukur dengan derajat menurut perputaran jam mulai dari titik utara 0° sampai 360°.

arti batuan aluvium

Batuan aluvium adalah batuan sedimen yang dibentuk atau diendapkan

arti altimeter

Alat yang berfungsi untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari

soal materi negara maju



3.        Negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi disebut negara…
  a.    maju
  b.    terbelakang
  c.    berkembang
  d.    miskin

Di bawah ini merupakan tolok ukur untuk menentukan suatu Negara dikatakan maju atau   berkembang, kecuali ….
 a.    Pendapatan perkapita
 b.   banyaknya orang kaya
 c.   tingkat kesehatan
 d.   tingkat kemahiran mengemudi

5   Mayoritas negara – Negara maju terletak di bumi bagian ….
a.    utara
 b.   selatan
c.    timur
d.    barat

DEFINISI AURORA

SUMBER GBR: blognyadui.blogspot.com
 
Aurora adalah fenomena cahaya warna-warni di malam hari yang dapat kita saksikan di langit utara atau selatan. Di langit utara dinamakan Aurora Borealis, untuk di langit selatan dinamakan Aurora Australis. Fenomena ini terjadi karena angin Matahari (solar wind) — kumpulan partikel-partikel bermuatan listrik, seperti elektron (muatan listrik negatif) dan proton (muatan listrik positif), yang berasal dari lapisan atmosfer Matahari — berinteraksi dengan medan magnet Bumi (geomagnetik)
 

angin siklon dan angin anti siklon

Siklon adalah sebuah wilayah atmosfer bertekanan rendah yang bercirikan pusaran angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam di bumi belahan utara dan searah jarum jam di bumi belahan selatan.

sumber: wikipedia dan blognyadui.blogspot.com

Angin Anti Passat

Kamis, 10 Januari 2013


Udara di atas daerah ekuator yang mengalir ke daerah kutub dan turun di daerah maksimum subtropik merupakan angin Anti Passat. Di belahan bumi Utara disebut Angin Anti Passat Barat Daya dan di belahan bumi Selatan disebut Angin Anti Passat Barat Laut. Pada daerah sekitar lintang 20o - 30o LU dan LS, angin anti passat kembali turun secara vertikal sebagai angin yang kering. Angin kering ini menyerap uap air di udara dan permukaan daratan. Akibatnya, terbentuk gurun di muka bumi, misalnya gurun di Saudi Arabia, Gurun Sahara (Afrika), dan gurun di Australia.

Di daerah Subtropik (30o – 40o LU/LS) terdapat daerah “teduh subtropik” yang udaranya tenang, turun dari atas, dan tidak ada angin. Sedangkan di daerah ekuator antara 10o LU - 10o LS terdapat juga daerah tenang yang disebut daerah “teduh ekuator” atau “daerah doldrum

sumber: artaqiem.multiply.com

di ranca upas


landscape gunung gede-pangrango di lihat dari lereng gunungsalak


arti PLOTTING PETA

Rabu, 09 Januari 2013

Plotting adalah menggambar atau membuat titik, membuat garis dan tandatanda tertentu di peta. Plotting berguna bagi kita dalam membaca peta.

potrait

diriku dalam foto

landscape dalam ketinggian gunung gede dan gunung salak



sinar surga di gunung gede-pangrango

saat tanggal 24 juni 2012, saya bersama teman mendaki gunung gede-pangrango melalui jalur cibodas. sungguh tak bosannya melihat kiri-kanan lokasi yang penuh dengan objek studi geografi.

narsis di gunung salak

Saat itu menjelang tahun baru 2013 saya berkesempatan narsis di lereng gunung salak. Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak II. Letak astronomis puncak gunung ini ialah pada 6°43' LS dan 106°44' BT. Tinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl.

sumber baca : wikipedia

Di lereng gunung salak

selama liburan akhir KBM Semester Ganjil tahun 2012 dan menjelang natal dan tahun baru, saya berkesempatan bernarsis ria hunting Landscape gejala geosfer di kaki gunung salak. pokoknamah RUAR BIASAA....

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....