musim kemarau

Rabu, 29 Agustus 2012

 sumber: http://bappeda.jatimprov.go.id/2011/10/24/11-daerah-alami-kekeringan-sangat-parah/

di daerah yang di lalui oleh garis khatulistiwa memiliki keadaan iklim tropis. iklim tropis memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Musim kemarau atau sering disebut juga sebagai musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipengaruhi oleh sistem muson. Untuk dapat disebut musim kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (atau 20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berturut-turut. terjadinya musim kemarau ddan musim penghujan dipengaruhi oleh hembusan angin muson. angin muson barat dapat memengaruhi terjadinya hujan sedangkan angin muson timur dapat menyebabkan terjadinya musim kemarau.

SOAL LATIHAN PETA KELAS 12 IPS SEMESTER GANJIL

Selasa, 14 Agustus 2012

  1. apa yang dimaksud dengan peta !
  2. apa perbedaan dari peta umum dan peta khusus !
  3. sebutkan 4 contoh peta umum !
  4. sebutkan 4 contoh peta khusus (tematik) !
  5. apa yang dimaksud dengan peta topografi !
  6. apa yang dimaksud dengan peta chorografi !
  7. sebutkan jenis peta berdasarkan skalanya !
  8. dalam peta terdapat syarat umum diantaranya ekuidistan, ekuivalent dan conform, jelaskan masing-masing perbedaaanya
  9. sebutkan syarat khusus peta (komponen peta) !
  10. apa yang dimaksud dengan skala, inset, dan legenda !
  11. sebutkan 4 jenis simbol pada peta beserta fungsinya !
  12. apa yang di maksud dengan proyeksi peta !
  13. jelaskan macam-macam proyeksi berdasarkan bidangnya !
  14. gambarkan macam-macam proyeksi peta berdasarkan kedudukan bidangnya !
  15. jika jarak antara kota A - B pada peta adalah 15 cm dan jarak sebenarnya adalah 3 km, berapakah peta skala tersebut !
  16. apa yang dimaksud dengan garis kontur dan interval kontur !
  17. jelaskan arti dari garis kontur yang tergambar renggang dengan garis kontur yang tergambar rapat !
  18. diketahui skala pada peta 1 : 40.000 dan jarak sebenarnya antara kota A - B adalah 8 km, berapakah jarak kedua kota tersebut di peta !
  19. dari gambar di bawah ini, ubahlah skala grafis tersebut ke skala angka !   
 
 20. apabila suatu peta topografi memiliki skala 1 : 50.000, maka berapakah interval kontur peta tersebut !



keterangan: - dikerjakan di kertas folio,
                  - dikumpulkan ke meja pak rudi tanggal 29 agustus 2012

mengenal lebih dekat tentang definisi temperatur udara

Senin, 13 Agustus 2012

 DEFINISI TEMPERATUR UDARA / SUHU

Temperatur udara atau suhu adalah suatu hal yang menunjukan tentang derajat pans atau dinginnya suatu benda di muka bumi. dikatakan semakin tinggi suhu suatu benda, maka semakin panas temperatur suhu benda tersebut. secara mikroskopis, suhu menunjukkan suatu kekuatan atau energi yang dimiliki oleh suatu benda. 

Di lingkungan alam kita mengenal dengan apa yang dinamakan atom, setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat dengan bentuk suatu getaran. dan makin tinggi suatu energi atom-atom penyusun suatu benda, maka semakin tinggi suhu suatu benda tersebut.
              sumber: http://wadeswords.wordpress.com

Temperatur udara diukur dengan suatu alat yang bernama termometer. bentuk-bentuk termometer yang paling dikenal dimuka bumi diantaranya yaitu:
- celsius
- reumur
- kelvin

PERAN SUHU TERHADAP KEHIDUPAN
 Di lingkungan hidup suhu memiliki peran aktif untuk suatu keberlangsungan kehidupan. Suhu  memiliki peran sebagai pengatur semua keadaan yang ada di dunia, jadi suhu jelas memiliki peran yang sangat penting. karena semua makhluk hidup yang ada di muka bumi sangat bergantung pada ketersedian suhu yang ada.

Jika suhu terlalu panas atau melewati batas normal, maka semua makhluk hidup akan merasakan dampaknya seperti, sungai yang mengering yang mengakibatkan konsumsi air akan berkurang sehingga akan mengganggu jalannya kehidupan bahkan dapat membuat kehidupan terancam. 



sumber: dari berbagai sumber

MENGENAL TEKSTUR TANAH

Dari segi fisika, tanah merupakan campuran yang terbentuk dari butir-butir anorganik, bahan organik air dan udara. tekstur tanah merupakan suatu ukuran ari besarnya butiran-butiran mineral, termasuk di dalamnya perbandingan mengenai dari berbagai golongan jenis tanah tersebut.


                    sumber gambar: http://nandagokilz1.wordpress.com

tekstur tanah dapat mengklasifikasikan jenis-jenis nama tanah itu sendiri. secara umum ada tiga pengglongan tekstur tanah yang mesti kita kenal, diantaranya yaitu:
a. pasir
   Pasir adalah contoh bahan material butiran. Butiran pasir umumnya berukuran antara 0,0625 sampai 2 milimeter. Materi pembentuk pasir adalah silikon dioksida, tetapi di beberapa pantai tropis dan subtropis umumnya dibentuk dari batu kapur. Pasir tidak dapat di tumbuhi oleh tanaman, karena rongga-rongganya yang besar-besar.

b. lempung 
    Lempung atau tanah liat adalah partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 4 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminum adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi.
Lempung membentuk gumpalan keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Sifat ini ditentukan oleh jenis mineral lempung yang mendominasinya. Mineral lempung digolongkan berdasarkan susunan lapisan oksida silikon dan oksida aluminium yang membentuk kristalnya. Golongan 1:1 memiliki lapisan satu oksida silikon dan satu oksida aluminium, sementara golongan 2:1 memiliki dua lapis golongan oksida silikon yang mengapit satu lapis oksida aluminium. Mineral lempung golongan 2:1 memiliki sifat elastis yang kuat, menyusut saat kering dan memuai saat basah. Karena perilaku inilah beberapa jenis tanah dapat membentuk kerutan-kerutan atau "pecah-pecah" bila kering.

c. geluh 
Geluh merupakan tanah dengan komposisi pasir, debu, dan lempung dalam jumlah yang relatif seimbang (sekitar 40-40-20). Tanah semacam ini dianggap ideal bagi bercocok tanam karena memiliki cukup hara dan humus daripada tanah pasiran, serapan dan drainasi air tanah lebih bagus daripada tanah debuan, dan lebih mudah diolah daripada tanah lempungan.
Geluh bersifat remah, lembap dan mudah mengikat air. Terdapat variasi dari geluh, dan merupakan istilah yang dipakai dalam ilmu tanah untuk menggambarkan perubahan komposisi pasir, debu, dan lempung: geluh pasiran, geluh debuan, geluh lempungan, geluh lempung pasiran, geluh lempung debuan, dan geluh.

cara mengenal tekstur tanah:
1. ambil sebagian sampel tanah yang akan di teliti
2. basahi tanah yang diambil, kemudian rasakan teksturnya dengan cara menggosokannya diantara ibu jari dan jari lainnya
3. apa yang anda rasakan?

catatan:
- Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
- http://nandagokilz1.wordpress.com
- catatan pribadi

KUMPULAN FOTO DARI DINDING FACEBOOK

 
 
 

YANG SAYA UCAPKAN UNTUK ANDA

......terimakasih telah berkesempatan mengunjungi blog kami .....